Metode Big Data :
Predictive Modeling
Prediktif Analitik adalah salah
satu cabang dari analitik lanjutan yang digunakan untuk membuat prediksi
tentang suatu kejadian masa depan. Jenis analitik ini mempelajari mengenai
hubungan–hubungan antar variabel dan kemudian membuat suatu model statistik
yang dapat memprediksi suatu nilai dari kejadian baru dan kejadian masa
depan.
Misalnya suatu perusahaan provider hosting indonesia ingin
mengetahui pendapatan perusahaan 10 tahun ke depan. Prediktif analitik
melibatkan banyak metode salah satnnya dari data mining, machine learning,
statistics, neural networks, dan artificial intellegence untuk membuat prediksi
mengenai masa depan.
Social Network Analysis
(SNA)
Social media saat
ini telah banyak dimanfaatkan sebagai media untuk komunikasi, sosialisasi,
bahkan untuk keperluan kampanye politik, iklan/marketing, e-commerce,
distribusi berita, kontrol sosial serta sebagai media interaksi antar penggemar
dengan para public
figure. Hal itu tentu saja dapat
memberikan dampak positif maupun negatif pada masyarakat.
Sebenarnya bagaimana cara untuk
mengetahui struktur relasi yang ada di social
media??
Perkembangan Social network saat
ini semakin berkembang pesat. Dalam suatu komunitas social network,
komunitas/grup merupakan wadah yang nyaman untuk saling bertukar informasi
antar anggota grup. Hal ini membuat sebuah grup pada media sosial menjadi
ladang informasi, baik informasi yang disebutkan secara eksplisit ataupun
secara implisit. Pemetaan dan pengukuran alur interaksi dilengkapi dengan
analisis pola alur interaksi, yang didefinisikan sebagai social network analysis (SNA). Otte and Rousseau menunjukkan bahwa social network analysis (SNA) dapat digunakan untuk keperluan pengambilan
informasi,termasuk hubungan interaksi dan pertemanan antar user, dimana
interaksi antar user dan hubungan pertemanan dapat direpresentasikan
sebagai graf.
CRM
SOCIAL
Social CRM (SCRM) menggambarkan strategi
bisnis yang menambahkan elemen media sosial ke manajemen hubungan pelanggan
lama. SCRM dapat dipahami sebagai layanan pelanggan dan
loyalitas pelanggan di media sosial. Sebuah perusahaan memindahkan fokus mereka ke
pelanggan yang aktif di berbagai platform media sosial, untuk keduanya
menawarkan layanan pelanggan di saluran sosial, dan untuk mengoptimalkan
layanan mereka sendiri dengan mengumpulkan data pelanggan melalui saluran ini. Tujuan jangka panjang dari CRM Sosial adalah
untuk meningkatkan kepuasan dan pendapatan pelanggan.
Apa itu SCRM
Sejumlah besar
pelanggan saat ini berkomunikasi melalui forum, komunitas, blog dan jejaring
sosial. Cara di mana perusahaan dapat menghubungi
orang-orang dan kelompok orang ini telah berubah secara signifikan sebagai
hasilnya. CRM Sosial adalah usaha untuk membuat media
sosial yang paling beragam yang dapat digunakan untuk perusahaan, dan untuk
menawarkan nilai tambah bagi pelanggan pada platform ini.
CRM Sosial dimulai dengan komunikasi pelanggan
melalui media sosial, namun tidak berhenti sampai di situ: CRM Sosial sering
berjalan seiring dengan pendekatan klasik dari manajemen, CRM dan gudang data
untuk mendukung keputusan strategis dan operasional. Namun, bagian terpenting dari sosial CRM adalah
hubungan dengan pelanggan, yang dapat didefinisikan ulang oleh media sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar