Minggu, 17 Maret 2019

BIG DATA

Metode Big Data :

Predictive Modeling
Prediktif Analitik adalah salah satu cabang dari analitik lanjutan yang digunakan untuk membuat prediksi tentang suatu kejadian masa depan. Jenis analitik ini mempelajari mengenai hubungan–hubungan antar variabel dan kemudian membuat suatu model statistik yang dapat memprediksi suatu nilai dari kejadian baru dan kejadian masa depan.

Misalnya suatu perusahaan provider hosting indonesia ingin mengetahui pendapatan perusahaan 10 tahun ke depan. Prediktif analitik melibatkan banyak metode salah satnnya dari data mining, machine learning, statistics, neural networks, dan artificial intellegence untuk membuat prediksi mengenai masa depan.

Social Network Analysis (SNA)
Social media saat ini telah banyak dimanfaatkan sebagai media untuk komunikasi, sosialisasi, bahkan untuk keperluan kampanye politik, iklan/marketing, e-commerce, distribusi berita, kontrol sosial serta sebagai media interaksi antar penggemar dengan para public figure. Hal itu tentu saja dapat memberikan dampak positif maupun negatif pada masyarakat.

Sebenarnya bagaimana cara untuk mengetahui struktur relasi yang ada di social media??

Perkembangan Social network saat ini semakin berkembang pesat. Dalam suatu komunitas social network, komunitas/grup merupakan wadah yang nyaman untuk saling bertukar informasi antar anggota grup. Hal ini membuat sebuah grup pada media sosial menjadi ladang informasi, baik informasi yang disebutkan secara eksplisit ataupun secara implisit. Pemetaan dan pengukuran alur interaksi dilengkapi dengan analisis pola alur interaksi, yang didefinisikan sebagai social network analysis (SNA). Otte and Rousseau menunjukkan bahwa social network analysis (SNA) dapat digunakan untuk keperluan pengambilan informasi,termasuk hubungan interaksi dan pertemanan antar user, dimana interaksi antar user dan hubungan pertemanan dapat direpresentasikan sebagai graf.

CRM SOCIAL

Social CRM (SCRM) menggambarkan strategi bisnis yang menambahkan elemen media sosial ke manajemen hubungan pelanggan lama. SCRM dapat dipahami sebagai layanan pelanggan dan loyalitas pelanggan di media sosial. Sebuah perusahaan memindahkan fokus mereka ke pelanggan yang aktif di berbagai platform media sosial, untuk keduanya menawarkan layanan pelanggan di saluran sosial, dan untuk mengoptimalkan layanan mereka sendiri dengan mengumpulkan data pelanggan melalui saluran ini. Tujuan jangka panjang dari CRM Sosial adalah untuk meningkatkan kepuasan dan pendapatan pelanggan.


Apa itu SCRM

Sejumlah besar pelanggan saat ini berkomunikasi melalui forum, komunitas, blog dan jejaring sosial. Cara di mana perusahaan dapat menghubungi orang-orang dan kelompok orang ini telah berubah secara signifikan sebagai hasilnya. CRM Sosial adalah usaha untuk membuat media sosial yang paling beragam yang dapat digunakan untuk perusahaan, dan untuk menawarkan nilai tambah bagi pelanggan pada platform ini.
CRM Sosial dimulai dengan komunikasi pelanggan melalui media sosial, namun tidak berhenti sampai di situ: CRM Sosial sering berjalan seiring dengan pendekatan klasik dari manajemen, CRM dan gudang data untuk mendukung keputusan strategis dan operasional. Namun, bagian terpenting dari sosial CRM adalah hubungan dengan pelanggan, yang dapat didefinisikan ulang oleh media sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar